Pada tutorial sebelumnya penulis telah memberikan informasi tentang apa itu Vim. Nah pada kali ini kita akan mempelajari tentang mode dan navigasi โ€“ navigasi dasar yang berada di Vim, yang pertama silakan buka terlebih dahulu vim Anda dengan menjalankan perintah vim di terminal Linux Anda. Berikut tampilan default dari vim .

Untuk keluar dari vim dapat dilakukan dengan cara menekan tombol shift diikuti dengan : lalu tekan tombol q dan tekan Enter . Huruf q artinya yaitu quit (keluar) seperti pada gambar di bawah

Hore saat ini Anda telah berhasil masuk dan keluar dari Vim. Di Vim terdapat beberapa mode . Namun sebelum itu mari kita bahas terlebih dahulu tentang pengertian dari modedi Vim.

Mode itu bahasa inggris yang artinya adalah wahana hemmm Aneh :(, masak iya di vim ada wahana wkwkwkw ๐Ÿ˜€ .

Oke, serius yaa, penulis disini mengartikan bahwasannya kata mode dalam konteks vim yaitu sebuah state/kondisi yang memungkinkan bagi vim untuk menjalankan sebuah kemampuan yang berbeda pada setiap modenya.

Nah jenis โ€“ jenis mode di vim bisa di bilang banyak diantaranya :

Mode Normal

Digunakan untuk navigasi kursor dan memanipulasi teks. Mode ini yang pertama kali dimasuki saat pertama kali menjalankan vim.

Mode Insert

Digunakan untuk menambah teks baru

Mode Visual

Digunakan untuk navigsi kursor dan manipulasi teks secara visual dengan menggunakan text block.

Mode Command

Digunakan untuk menjalankan perintah yang dikenal oleh Vim.

Oke untuk itulah jenis โ€“ jenis mode yang berada di Vim.

Semoga bermanfaat next kita akan membahas tentang Vim Mode in Action

Referensi : Ebook Vim Untuk Semua .